Saturday 5 September 2015

Tips atau Cara Mudah Mengatasi Diare dengan Kemiri

Tips atau Cara Mudah Mengatasi Diare dengan Kemiri akan membahas bagaimana cara mengatasi penyakit diare dengan menggunakan bahan alami dan tradisional.

cara mengatasi diare dengan bahan alami kemiri


Gejala Diare

Penyakit diare kerap ditandai dengan cairnya feses saat buang air besar. Selain itu, orang yang terkena diare biasanya lebih sering buang air besar dari pada biasanya. Keram perut, mual, juga terkadang disertai dengan sakit kepala.

Baca juga: Cara mengatasi Perut Kembung Akibat Masuk Angin

Bahaya Diare

Buang air besar dengan frekuensi yang lebih sering, membuat penderita diare rentan mengalami dehidrasi. Jika hal itu terjadi, tentu penyakit ini tidak bisa dianggap enteng. Diare menduduki peringkat 13 sebagai penyakit yang menyebabkan kematian. Di Indonesia, diare memiliki prosentasi cukup tinggi, sekitar 3.5%.

Penyebab Umum Diare

Salah satu penyebab diare adalah karena memakan makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi bakteri parasi ataupun virus (umumnya jenis rotavirus atau norovirus), dan lain-lain. Selain karena makanan dan minuman, terkadang diare juga bisa muncul akibat dari efek obat-obatan tertentu, karena mengkonsumsi alkohol berlebihan dan juga bisa disebabkan karena mengkonsumsi kopi berlebihan.

Cara Mengatasi Diare

Saat ini, ada banyak obat diare yang tersebar di warung-warung atau toko-toko. Namun sebelum penyakin diare bertambah serius, tidak ada salahnya mencoba resep tradisional. Selain aman, bahan-bahan alami yang digunakan biasanya mudah didapat, murah, dan minim efek samping. Salah satu bahan alami yang akan kita gunakan kali ini adalah Kemiri.

Kemiri diketahui memiliki kandungan yang bisa berfungsi sebagai antimikroba yang akan membunuh racun-racun bakteri penyebab diare.

Bagaimana caranya?

  • Siapkan 2 butir kemiri
  • Tumbuk halus
  • Seduh dengan air panas
  • Minum secara rutin
Cara mudah tersebut sering digunakan oleh masyarakat secara tradisional. 

Selain untuk mengatasi diare, kemiri juga biasa digunakan untuk pengobatan penyakit lainnya seperti ambeien, atau untuk menghitamkan rambut, dan lain-lain. 

Cara mudah mengatasi diare dengan kemiri ini bisa anda praktekkan jika ada anggota keluarga atau mungkin anda sendiri yang terkena diare. Namun, pada tahapan tertentu, segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter. 

Kapan waktunya anda menghubungi Dokter?

Anda perlu segera ke dokter jika diare yang diderita sudah disertai dengan muntah-muntah, ada darah pada kotoran, diare tidak sembuh setelah 1 minggu,  dan atau ada gejala dehidrasi. 

Pencegahan Penyakit Diare

Seperti yang dibahas sebelumnya, penyakit ini disebabkan oleh bakteri dan atau virus yang terbawa di dalam makanan atau minuman. oleh karena itu, untuk melakukan pencegahan, anda perlu memperhatikan kebersihan makanan atau minuman yang akan disantap. Selain itu, jangan lupa mencuci tangan sebelum makan. 



No comments:

Post a Comment